Pascakontroversi Iklan Nike, Jersey “I’m with Kap” Habis dalam Hitungan Jam

New York City – Atlet footbal Amerika Serikat (AS) Colin Kaepernick baru saja merilis kaus menyusul kontroversi iklan Nike yang dibintanginya. Hanya dalam hitungan jam, kaus tersebut langsung habis terjual.

Lewat Instagram, Senin (10/9/2018), Colin memamerkan kaus football rancangannya tersebut. Tampak bagian depan kaus dihiasi tulisan “#IMWITHKAP” (saya bersama Kap) dan angka ‘7’, lalu nama ‘Kaepernick’ di bagian belakang.


Beberapa jam kemudian, seperti dikabarkan BET, Colin mengumumkan kepada 3,1 juta pengikutnya di Instagram bahwa kaus edisi terbatas itu sudah terjual semua.

Jersey tersebut dijual seharga US$ 175 atau sekitar Rp 2,5 juta. Adapun 20 persen dari keuntungan akan disumbangkan untuk organisasi ‘Know Your Rights’ yang bergerak di bidang pemberdayaan anak-anak muda.

Colin belakangan menuai atensi karena muncul di iklan Nike yang dirilis untuk merayakan 30 tahun slogan ‘Just Do It’. Iklan tersebut menampilkan Colin dengan tulisan ‘Believe in Something. Even if it means sacrificing everything’. Kalimat tersebut bisa diartikan, ‘Yakinilah sesuatu, meski harus mengorbankan semuanya.’

Pada 2016 silam, Colin menjadi sosok yang kontroversial setelah aksinya tidak berdiri saat pengibaran bendera dan lagu kebangsaan Amerika ‘The Star-Spangled Banner dikumandangkan jelang pertandingan football.

Iklan Nike tersebut lantas memicu protes keras dan berujung pada aksi boikot. Media sosial juga viral dengan foto dan video konsumen membakar sepatu Nike.

(dtg/dtg)