Pemprov DKI Terbitkan 40 Ribu Izin UMK

JAKARTA – Pemprov DKI Jakarta menargetkan menerbitkan izin usaha bagi usaha mikro dan kecil (IUMK) hingga akhir tahun 2018 sebanyak 40 ribu usaha. Dari jumlah tersebut akan menyerap tenaga kerja sebanyak 80 ribu pekerja.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) DKI Jakarta Edy Junaedi, mengatakan hingga kini sudah 3 ribuan izin yang terbitkaan dengan menyerap tenaga kerja 6 ribuaan orang. Bahkan dari jumlah yang diterbitkan itu jumlah investasinya mencapai Rp66 miliar lebih.

Menurut Edi, izin yang diterbitkan itu diberikan kepada usaha yang tergabung Ok Oce.

“IUMK menjadi primadona perizinan usaha di tingkat kelurahan, jumlahnya terus mengalami peningkatan. Ini merupakan hasil atas gencarnya inovasi layanan yang telah dilakukan secara berkesinambungan dan masif, tercatat 3.073 IUMK berhasil diterbitkan,” ujar Edy, Selasa (9/10).

Menurut Edy, 3.073 IUMK berhasil memberikan lapangan pekerjaan kepada 6.092 tenaga kerja dengan total investasi sebesar Rp 66,48 miliar.

Selain menerbitkan 3.073 IUMK, DPMPTSP juga menerbitkan 11.726 surat izin usaha perdagangan (SIUP) mikro dan SIUP kecil.

Untuk mendorong tumbuhnya usaha kecil dan mikro, DPMPTSP akan mempermudah pengurusan IUMK. Salah satunya dengan program PTSP Goes To Mall yang menghadirkan layanan perizinan di pusat belanja.

IUMK atau surat keterangan usaha (SKU) menjadi penanda tumbuhnya wirausahawan baru. Anggota OK OCE yang hingga Selasa ini jumlanya mencapai 54.161 pendaftar, ditargetkan 40.000 di antaranya mengantongi IUMK atau SKU hingga akhir 2018.(john/b)