Amien Rais: Pertanyaannya Tidak Muter-muter, Apalagi Menjebak

JAKARTA – Tidak hanya diperlakukan baik oleh penyidik, Amien Rais juga mengaku dijamu berbagai makanan ketika harus menjalani pemeriksaan selama enam jam di Polda Metro Jaya, Rabu (10/10/2018).

Amien Rais menjalani pemeriksaan sebagai saksi kasus dugaan penyebaran informasi bohong atau hoax tersangka Ratna Sarumpaet.

“Terima kasih sekali. Jadi, kalau ingin tahu, siang tadi makan gudeg, ayam kampung, kemudian ditantang kalau mau bawa nasi timbel juga masih ada. Tapi kalau terlalu banyak, tidak cukup, ya, buat rekan-rekan sekalian,” kata Amien usai menjalani pemeriksaan.

Selama enam jam diperiksa, Amien dicecar 30 pertanyaan, namun dia sebut hanya tiga jam yang fokus membahas masalah Ratna Sarumpaet sedangkan sisanya untuk bersantai termasuk shalat. Mantan Ketua MPR-RI itu enggan membeberkan apa saja yang ditanyakan oleh penyidik.

“Jumlah peryanyaaan 30 persis. Tanya penyidik (materi pemeriksaan). Memang ini lamanya 6 jam tapi yang sesungguhnya, yang separuh itu untuk makan dan shalat dan ngobrol yang sangat baik. Jadi itu demikian smooth, demikian bagus dan pertanyaannya itu straight. Tidak pernah muter-muter apalagi jebak,” ujar Amien.

Bahkan, Amien klaim sempat ada dokter yang mengecek kesehatannya usai makan-makan. Hasil pemeriksaan dia dinyatakan sehat.

“Hari ini setelah makan, ada dokter lewat, eh Pak Dokter dilapori, Pak ukur pak tensi saya, berapa? 120 per 80 jadi sehat walafiat, boleh makan tongseng dan sate. Udah gitu saja,” tandas Amien sembari tertawa. (Yendhi/win)