Mantan Menteri Agraria Kritisi Jokowi Bagi-bagi Sertifikat Gratis

JAKARTA  – Mantan Menteri Agraria dan Tata Ruang (ATR)/Kepala BPN Ferry Mursyidan Baldan mengkritisi Presiden Jokowi yang  suka membagi-bagikan sertifikat sendiri di berbagai daerah.

“Pak Jokowi sering membagi-bagikan sediri sertifikat yang sudah jadi, padahal sebelumnya cukup dilakukan oleh pejabat di daerah saja, karena itu kerja pejabat daerah juga,” ujar Ferry, Minggu (14/10)

Ferry menyarankan agar sebaiknya semua yang berperan   diberitahukan ke publik, bukan hanya  Presiden saja. Dikatakannya, Pemerintah memiliki program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) atau sering dikenal dengan istilah bagi-bagi sertifikat tanah gratis. Untuk program itu,

Dijelaskan mantan Menteri ATR periode 2014-2016, Jokowi membagi-bagaikan sertifikat sendiri  sah-sah saja. Namun sebaiknya rakyat tahu bahwa sebelum sertifikat itu diserahkan, ada beberapa tahapan dan juga peran banyak orang penting lainnya hingga akhirnya sertifikat itu sampai di tangan presiden.

“Saat penyerahan sertifikat, sebaiknya semua dilibatkan dan diberitukan kepada masyarakat bahwa ada proses dan peran dari tokoh masyarakat, kepala desa, camat, bupati atau walikota, petugas Badan Pertanahan Nasional sendiri dan lain-lain, bukannya ujug-ujug diserahkan presiden,” ujar Ferry.

Mantan anak buah Jokowi ini berharap bag-bagi sertifikat tanah gratis tersebut tidak dijadikan sebagai alat politiknya Jokowi.

“Masyarakat harus tahu bahwa pemberian sertifikat itu memang program pemerintah tapi semua ada prosesnya yang melibatkan banyak orang, bukan Presiden Jokowi semata,” kata Ferry. (dwi/win)