Roccat Kone AIMO, Premium Pakai Kecerdasan Buatan

Jakarta: Roccat adalah salah satu pemain periferal gaming yang cukup lama. Mereka mengklaim bahwa 10 tahun lalu adalah vendor pertama yang menghadirkan fitur LED RGB ke perangkat gaming.

Beberapa waktu lalu Roccat kembali merilis mouse gaming terbarunya dari seri Kone. Seri ini merupakan yang pertama mereka ciptakan, dan kini tampil baru menjadi Roccat Kone AIMO.

Apa arti dari embel AIMO yang ada di belakangnya? Sebelum membahas hal itu pertama Medcom.id akan membahas desain serta pengalaman menggunakannya. Apabila Anda mencari gambar mouse Roccat Kone generasi pertama, mungkin Anda akan menemukan perbedaan signifikan.

Roccat Kone AIMO tampil dengan desain premium. Meskipun hadir dengan material plastik, tapi bobotnya yang ringan masih ideal, dan juga desain genggamannya sangat ergonomis. Beberapa bagian seperti grip kiri dilengkapi permukaan bertekstur seperti karet sehingga melekat di jemari.

Ukurannya akan pas bagi pengguna dengan tangan besar atau jemari yang panjang. Di bagian sisi kiri terdapat tiga tombol untuk mengatur preset fungsi tambahan yang mungkin akan kurang nyaman digunakan oleh mereka yang ukuran tangannya kecil.

Soal estetikanya sebagai mouse gaming, desainnya sangat memikat. Tidak ketinggalan ada sentuhan LED RGB yang terletak persis di atas badannya, mendekati sisi kanan dan kiri serta di mousewheel atau scroller.

Saat kita tenagh berfokus bermain kemungkinan besar LED RGB ini tidak akan terlalu menjadi perhatian, lantaran posisinya yang agak tertutup dalam posisi genggaman tangan. Oleh sebab itu tidak heran beberapa mouse gaming memilih menyediakan LED RGB yang melingkari kaki mouse.

LED RGB tersebut bisa dikustomisasi lewat software pendukung bernama Roccat Swarm. Ada beberapa preset yang bisa dipilihan atau diciptakan. AIMO adalah sebuah fitur yang juga berkaitan dengan LED RGB. Warna sangat kuat dan menampilkan gradasi warna yang halus sempurna.

AIMO adalah fitur kecerdasan buatan yang bisa mengenali gaya permainan penggunanya. Fitur AIMO dengan cerdas memilih bentuk atau pola dan warna cahaya LED yang berkaitan dengan elemen di dalam game misalnya tanda bahaya di dalam game.

Pihak Roccat menyebutkan bahwa fitur AIMO akan semakin terlihat dan mengenali penggunanya saat seluruh perangkat Roccat dengan fitur AIMO juga digunakan.

Kini masuk ke spesifikasi, Roccat Kone AIMO hadir dengan konektivitas kabel dan dibalut jenis braided cable sehingga lebih tebal dan awet. Roccat Kone AIMO menggunakan sensor optical  bernama Owl Eyebatan PixArt yang diklaim mampu menciptakan gerakan dan respons yang cepat dan presisi.

Tingkat senstivitas sensornya mampu menjangkau 12.000 DPI yang bisa diatur lewat fly button di bagian atas mouse serta di aplikasi Roccat Swarm.

Mouse gaming ini memiliki polling rate 1000Hz dan response time 1ms serta kecepatan membaca gerakan hingga 250 ips. Di aplikasi Roccat Swarm juga bisa dikustomisasi sensitivitas berdasarkan jarak tinggi kaki mouse dengan alas atau yang disebut liftoff.

Hal ini cukup berguna, mengingat dalam jangka waktu permainan yang lama mungkin gamer harus mengatur posisi tangan dan mouse dengan mengangkatnya, tanpa memindahkan posisi pointer di layar.

Medcom.id yang sudah menjajalnya tidak meragukan kualitasnya, dan layak untuk menjadi referensi mouse gaming bagi gamer yang sangat membutuhkan senjata dalam game FPS.

Masuk ke tombolnya, Roccat Kone AIMO secara keseluruhan memiliki 11 tombol yang fungsinya bisa diubah ke dalam empat preset lewat aplikasi Roccat Swarm. Cara mengaktifkannya sangat mudah, di sisi kiri terdapat tiga tombol (T1, T2, T3) yang dikenal sebagai Easy Shift (+).

Anda bisa menggunakan fitur macro key untuk setiap tombol bahkan memasukan fungsi yang berkaitan dengan aplikasi dan PC misalnya, masuk ke mode sleep menggunakan tombol di Roccat Kone AIMO. Switch atau sensasi klik dari mouse ini juga memuaskan karena sangat tactile dan pas.

Satu hal lagi yang membuat Medcom.id kagum dan menilai Roccat Kone AIMO layak untuk gamer first person shooter adalah scroller mouse yang tidak hanya bisa diputar dan diklik, tapi juga digeser ke kanan dan kiri sebagai mode tilt yang memudahkan gamer mengintip untuk membidik musuh dari balik bangunan.

Roccat Kone AIMO cukup sempurna sebagai sebuah mouse gaming. Harganya termasuk cukup kompetitif di kelas premium, sekitar Rp1 juta. 
 

  Testbed Medcom.id
Prosesor  Intel Core i7-8700K, AMD Ryzen 7 2700X
Motherboard  ASUS Z370-A Prime, MSI X470 Gaming Plus
RAM  Apacer Panther RAGE 2400 MHz (2x 8GB)
VGA  Colorful GTX 1070 X-Top-8G, ASUS ROG Strix RX Vega 64 8G
Pendingin  Noctua NH-U21S
Storage Apacer Panther AS340 240GB, Seagate Barracuda 8TB
PSU  Corsair RM 850X
Monitor  ASUS PB287Q 4K, ASUS MZ27AQ
Mouse Corsair Dark Core SE, Corsair Scimitar Pro
Mousepad Corsair MM1000 Qi, Corsair MM800 Polaris
Keyboard Corsair K63 Wireless, Corsair K70 RGB MK.2 SE
Headset Corsair HS60, Corsair HS70

 

Roccat Kone AIMO

Plus

  • Desain premium dan ergonomis
  • Switch sangat tactile
  • Memiliki tombol fly button konfigurasi preset
  • Software Roccat Swarm sangat intuitif

Minus

  • Tidak untuk gamer berukuran tangan kecil
  • LED RGB terhalang tangan
  • Fitur AIMO kurang tergambar dengan jelas

 

(MMI)