Daur Ulang Sampah Reformasi Dapat Bantuan Etalase

JAKARTA– Warung daur ulang Sampah Reformasi di RW 08 Cipete Utara Kebayoran Baru, Jakarta Sekatan dapat bantuan. Ini dilakukan karena dianggap berhasil membina masyarakat untuk menjadi nasabah bank sampah.

Lurah Cipete Utara Moh Yohan, mengaku bantuan itu berupa etalase dari Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Jakarta Selatan karena dianggap berhasil mengajak masyarakat menjadi nasabah.

“Secara pribadi maupun masyarakat saya mengucapkan terima kasih atas bantuan yang telah diberikan untuk Warung Daur Ulang di wilayah RW 08. Bantuan tersebut, akan diperuntukan sebagai tempat pajangan hasil karya olahan dari sampah dan juga sembako,”kata Muhammad Yonan.

Menurutnya, sebelum mendapat bantuan ini tahun lalu Bank Sampah Reformasi mendapatkan bantuan alat jahit dari Sudin LH Jaksel. Tahun ini giliran Warung Daur Ulang Sampah Reformasi mendapatkan bantuan berupa etalase untuk memajang hasil karya Bank Sampah dan menyimpan natura untuk Warung Daur Ulang Sampah.

Warung Daur Ulang, jelas Yohan, pada prinsipnya sama dengan operasional bank sampah. Bedanya, di Warung Daur Ulang Sampah, warga dapat menukar sampahnya dengan sembako seperti gula pasir, minyak goreng dan lain-lain.

“Di Kelurahan Cipete Utara, memiliki dua Warung Daur Ulang yang dikelola oleh dua Bank Sampah bekerja sama dengan CSR yakni Bank Sampah Citra Antasari RW 09 dengan General Electric, dan Bank Sampah Reformasi RW 08 didukung CSR dalam hal ini Bank DKI,”tambahnya.

Dengan keberhasilan ini kata Yonan pihaknya akan terus berinovasi membangun bank sampah di wilayah. Diharapkan dengan cara ini dapat mengatasi persoalan sampah wilayah. (wandi/b)