Tiongkok Minat Investasi di Sektor Pertambangan Indonesia

Tambang Indonesia diminati oleh investor Tiongkok. (Foto: AFP).

Jakarta: Perekayasa Ahli Utama Mineral Pusat Sumber Daya Mineral Batubara dan Panas Bumi (PSDMBP) Badan Geologi, Kementerian Energi Dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Armin Tampubolon menyatakan investor Tiongkok berminat terhadap kegiatan pertambangan di Indonesia.

Hal tersebut diutarakan saat pertemuan antara tim PSDMBP dengan konsultan pertambangan Guangxi di sela-sela acara China-ASEAN Mining Cooperation Forum (CAMCF) di Nanning, Provinsi Guangxi, Tiongkok.

Dalam pertemuan tersebut membahan mengenai kemungkinan membantu penambangan dan pengelolaan bijih berkadar rendah serta bijih yang berada pada level air tanah milik Tambang Pongkor PT Antam Tbk. Minat tersebut rencananya akan disampaikan pada Antam dua minggu mendatang. Terutama terkait profil perusahaan dan penawaran kerja sama.

“Bila kerja sama ini terlaksana, diharapkan akan dapat memperpanjang umur Tambang Emas Pongkor,” seperti dilansir laman resmi Kementerian ESDM, Jumat, 23 November 2018.

Selain ingin bekerjasama dengan PT ANTAM, investor dari Guangxi juga berencana berinvestasi di sektor pertambangan di Aceh. PSDMBPĀ  diharapkan dapat membantu perihal data dan informasi prospek sumber daya mineral serta bantuan teknis lainnya di Aceh ataupun di daerah Indonesia lainnya.

“Telah dilakukan pembicaraan tentang bantuan kepada investor dari Guangxi yang berencana berinvestasi di Sektor Pertambangan di Aceh. Diharapkan PSDMBP Badan Geologi dapat membantu perihal data dan informasi prospek sumber daya mineral serta bantuan teknis lainnya di Aceh ataupun di daerah Indonesia lainnya,” pungkas Armin.

(FJR)