Jokowi Bagi-Bagi Sambung Listrik Gratis

Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sambung listrik secara gratis bagi warga Bogor. Medcom/Eko Nordiansyah.

Bogor: Presiden Joko Widodo membagi-bagikan sambung listrik secara gratis bagi warga Bogor. Sambung listrik merupakan hasil dari program BUMN Hadir untuk Negeri antara PT Perusahaan Listrik Negara (Persero) atau PLN bersama dengan 34 BUMN dan satu Anak Perusahaan.

Penyerahan sambung listrik gratis kepada sejumlah warga diserahkan langsung oleh Presiden Jokowi. Dirinya didampingi oleh Menteri BUMN Rini Soemarno serta Direktur Utama PLN Sofyan Basir.

“Di Jawa Barat ada 200 ribuan yang belum tersambung listriknya. Target kita sampai akhir tahun 100 ribu harus sudah tersambung seperti sekarang ini,” kata Jokowi di Bantarjati, Bogor Utara, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu, 2 Desember 2018.

Menurut dia, warga yang mendapatkan sambung listrik gratis bukan berarti baru menikmati listrik. Hanya saja mereka sebelumnya menyambung listrik atau levering dari tetangga maupun orang tuanya.

“Kita sambung secara mandiri, itu lebih murah. Biasanya bisa Rp50 ribu sampai Rp60 ribu, dengan seperti ini hanya Rp25 ribu sampai Rp30 ribu dan sambungannya lebih banyak bukan hanya untuk listrik tetapi setrika, TV, ricecooker, dan sebagainya,” kata Jokowi.

Hingga 30 November 2018 sudah tersambung dengan baik sebanyak 60.741 KK, jumlah ini telah melampaui target November sebesar 60 ribu KK. Hingga saat ini terus dilakukan proses penyambungan sehingga target pada akhir Desember 2018 dapat tersambung sebanyak 100.970 KK.

Berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K), terdapat 235.756 masyarakat tidak mampu di Jawa Barat belum tersambung listrik PLN secara langsung. Mahalnya biaya sambung listrik menjadi kendala masyarakat tidak memiliki listrik sendiri.

(SAW)